Rabu, 07 November 2012

Text editor unix

 

Text Editor Vi

 

VI "Visual Editor" adalah teks editor interaktif yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi suatu file text. Teks editor ini dibuat oleh Bill Joy dari Universitas California, Barkeley, USA. Vi dikenal ribet, padahal gak gitu juga. Gak akan nyesel belajar menggunakan vi, karena hampir di semua varian unix, text editor ini tersedia. Penggunaan huruf besar dan huruf kecil di Vi akan menghasilkan hal yang berbeda (casesensitive).

untuk menjalankan printah vi, format perintahnya yaitu
vi [nama_file]
Editor vi mempunyai 3 mode, yaitu :
  • command mode : tekan ESC
  • input mode : masukan perintah yang spesifik dengan mengetik a I o 0 dan diakhiri dengan ESC atau dengan interrupt.
  • line mode, suatu keadaan setelah ada proses input : ?, /, !

editor vi mempunyai kelebihan yaitu memiliki banyak feature-feature yang sangat menarik sehingga sangat membantu untuk lebih cepat dalam mengedit file.

PICO

Pico adalah teks editor jenis lain yang berdasarkan pada program compose email Pine. Navigasi untuk perintahnya diletakkan di bawah dari layar. Semua karakter yang diketik langsung disisipkan ke dalam teks. Perintah untuk menjalankan editor pico yaitu :
Pico [nama_file]
editor pico mempunyai kelebihan yaitu sangat baik berjalan di terminal apapun, termasuk pada terminal bila kita sedang telnet dengan menggunakan telnet client standar dariWindows

Joe

Perintah-perintah dalam editor joe ini sangat mirip dengan perintah-perintah pada WordStar. Jika kita telah terbiasa dengan perintah pada WordStar maka tidak akan kesulitan dalam menggunakan editor joe. Untuk menjalankan joe, kita dapat menggunakan perintah sbb :
joe [nama_file]
editor joe memiliki kelebihan yaitu sederhana dan memiliki tampilan yang menarik.

Referensi : https://selinliz.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar